15 Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah

Jawa biasanya mengacu pada suku yang menempati pulau jawa, termasuk juga Jateng, Jawa barat serta Jawa timur. Walau setiap daerah mempunyai dialek serta logat bhs yang berlainan, akan tetapi persebaran alat musik yang dipakai hampir sama. Ketidaksamaan yang muncul umumnya berlangsung pada tinggi bunyi serta penamaan alat musik, walau berlainan nama penyebutan alat musik akan tetapi masih tetap mengacu pada bentuk alat musik yang sama. Di bawah ini ialah beberapa alat musik yang berada di daerah Jawa.

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
Gambar Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

1) Gambang

Alat musik Gambang umumnya mempunyai seputar 20 bilah logam bernada. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara memukul lempengan logam menggunakan alat pukul. Gambang ini juga termasuk ke dalam beberapa alat musik Gamelan Jawa. Gambang bisa diketemukan di daerah Jateng, Jawa Timur serta Jawa Barat.

2) Slenthem

Slenthem ialah alat musik tradisionil Jateng yang adalah intrumen dalam gamelan jawa. Slenthem bisa membuahkan bunyi dengungan rendah yang menggema. Slenthem sendiri mempunyai dua type macam, yaitu Slenthem Slendro serta Slenthem Pelog, di mana ketidaksamaan ke-2 type Slenthem ini ada pada suara yang dibuat.

3) Kenong

Alat musik Kenong umumnya seringkali didapati dalam gamelan jawa. Kenong bisa dimainkan lewat cara dipukul. Ujung alat jam Kenong umumnya dilapis karet atau kain. Dalam musik gamelan jawa kenong dimainkan menjadi penguat serta penegas suara dalam tembang.

4) Saron

Alat musik Saron terbagi dalam beberapa bilah logam bernada. Langkah mainkan saron yaitu dengan langkah memukul bilah bilah suara itu dengan alat pemukul yang umumnya berupa seperti palu. Suara yang dibuat oleh saron biasanya tambah tinggi dari alat musik Demung. Nada yang dibuat oleh Saron memberi suara Serasi dalam gamelan Jawa.

5) Demung

Demung adalah alat musik tradisionil jawa yang umumnya dimainkan dalam gamelan jawa. Langkah mainkan Demung yaitu dengan dipukul. Sisi yang dipukul ialah bilah bilah logam bernada yang berada di rack Demung. Ada dua type Demung yang biasa dipakai yaitu Demung pelog serta Demung Slendro, ketidaksamaan dua Demung ini terdapat pada bunyi yang dibuat.

6) Bonang

Alat musik bonang adalah alat musik yang berkembang di daerah jateng, jawa barat serta jawa timur. Biasanya bonang terbuat dari kombinasi logam kuningan besi serta perunggu. Bonang terdiri atas dua type yaitu bonang barung yang mempunyai ukurang semakin besar serta bonang penerus yang ukurannya lebih kecil. Langkah mainkan bonang ialah memukul gong yang berada di rack kayu dengan alat pemukul yang telah dilapis karet atau kain.

7) Gender

Gender ialah alat musik tradisionil yang terbuat dari logam dengan beberapa bilah dari 10 sampai 14 bilah logam bernada. Langkah mainkan gender yaitu dengan memukul bilah – bilah logam itu sama dengan suara – suara yang diharapkan.

8) Gong

Gong adalah alat musik jam yang terbuat dari kombinasi logam kuningan. Umumnya memiliki bentuk besar seperti kuali masak, serta diposisikan digantung lewat cara mainkan di jam pada bagian yang menonjol. Gong umumnya dimainkan di akhir tembang. Tidak hanya dipakai menjadi alat musik, gong juga biasa digunakan menjadi sinyal pembukaan satu acara atau untuk memulai satu pekerjaan.

9) Kendang

Kendang atau gendang ialah alat musik jam tradisionil yang dimainkandengan langkah ditabuh memakai jemari atau telapak tangan dengan ketukan atau irama spesifik. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kendang adalah kayu dan kayu tersebut adalah kayu nangka atau bisa juga kayu cempedak. Untuk mengatur nada pada kendang semua tergantung dari kencang tidaknya ikatan pada kulit yang terdapat di kendang.

10) Siter

Alat musik siter adalah alat musik dari daerah Jawa Tengah. Langkah mainkan siter yaitu dengan menuai dawai atau senarnya. Siter umumnya dimainkan menjadi musik pengiring lagu atau seni tarian tradisionil.

11) Suling Bambu

Suling bambu jateng mempunyai nada ciri khas yang mendayu dayu. Bisanya dibikin dari ruas bambu wuluh. Diperlukan ketrampilan serta latihan spesial supaya bisa membuahkan suara serta nada yang konstan, Stabilitas nada didapat dari ketekunan pernafasan sang pemain suling. Makin konstan serta berkelanjutan tiupan yang dikasihkan karena itu makin konstan nada yang dibuat oleh suling bambu.

12) Angklung Caruk

Angklung caruk adalah alat musik jawa yang berkembang di daerah banyuwangi. Alat musik yang dibikin dari ruas bambu serta berupa tabung bambu ini umumnya dimainkan dalam situasi persaingan atau pertandingan, karena itu agar bisa mengadakan kesenian Angklung caruk ini umumnya diperlukan lebih dari satu grup angklung, di mana setiap grup nanti beradu tehnik serta kepiawaian mainkan angklung untuk memberi suguhan terunggul pada pemirsa.

13) Angklung Reyog

Angklung Reyog adalah alat musik angklung yang umumnya dimainkan menjadi musik pengiring kesenian Reyog. Nada yang dibuat alat musik angklung ini tambah lebih keras dari angklung biasanya. Keunikan alat musik angklung Reyog bila dibanding dengan angklung yang lain ialah ada hiasan rumbai warna warni.

14) Terompet Reyog

Alat musik terompet Reyog juga biasa dimainkan menjadi musik pengiring kesenian Reyog Ponorogo. Terompet ini membuahkan nada yang unik serta ciri khas yang tidak bisa diketemukan pada alat musik lainnya.

15) Saronen

Saronen ialah alat musik yang datang dari madura. Umumnya Saronen dibikin berbahan kayu jati dengan ukuran panjang seputar 40 cm. Alat musik ini memiliki seputar tujuh buah lubang, enam buah lubang suara di muka serta satu lubang tiup pada bagian belakang.

Demikian penjelasan 15 alat musik tradisional Jawa Tengah. Mudah-mudahan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *