4 Kesalahan Fatal Diet Vegetarian Yang Menyebabkan Gagal Turunkan Berat Badan

Saat ini semakin banyak orang yang ingin menurunkan berat badan. Disamping menjaga keindahan dan bentuk tubuh serta penampilan, beberapa penyakit pun dipercaya dapat menjauh bila berat badan turun.

Sayangnya, banyak orang yang tergoda mengambil jalan pintas untuk menurunkan berat badan. Seperti misalnya mengkonsumsi obat-obatan kimia yang mempunyai efek samping berbahaya bagi kesehatan. Ini jelas tidak dibenarkan.

Cara terbaik dan paling direkomendasikan untuk menurunkan berat badan yang aman dan sehat adalah dengan mengatur pola makan melalui diet dan olahraga dan juga banyak minum air putih khususnya air kangen water yang berasal langsung dari mesin kangen water.

Ada banyak jenis diet untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah diet vegetarian. Diet vegetarian adalah diet dengan hanya mengkonsumsi bahan makanan yang bersumber dari nabati atau tumbuh-tumbuhan. Selain untuk menurunkan berat badan, diet vegetarian juga dapat menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Namun dalam prakteknya, tidak selamanya diet vegetarian memberikan hasil penurunan berat badan dan efek positif kesehatan seperti yang diharapkan. Beberapa faktor justru dapat membuat diet vegetarian yang dijalankan gagal.

Berikut ini adalah 4 kesalahan fatal yang sering dilakukan dalam menjalani diet vegetarian, sehingga berat badan tidak turun seperti yang diinginkan.

  1. Pilh Sumber Karbohidrat Kompleks

Beberapa orang yang menjalankan diet vegetarian merasa protein hewani seperti daging harus digantikan dengan banyak karbohidrat seperti nasi putih, roti terigu, pasta dan beraneka macam kue. Ini mungkin saja benar, tapi tidak sepenuhnya. Karena dengan mengkonsumsi beragam jenis karbohidrat sederhana seperti diatas yang mengandung banyak gula itu tentu akan menghambat penurunan berat badan.

Gantilah sumber karbohidrat yang selama ini dikonsumsi dengan karbohidrat kompleks seperti ubi-ubian dan kacang-kacangan. Jika tetap ingin mengkonsumsi karbohidrat seperti yang biasa disantap carilah alternatif yang lebih sehat. Roti terigu dapat diganti dengan roti gandum, nasi putih dapat diganti dengan nasi merah.

2. Enggan Konsumsi Buah

Banyak yang salah paham tentang peran buah dalam diet karena kandungan gula didalamnya khususnya bagi mereka yang menjalankan diet vegetarian. Rasa manis dalam buah dikhawatirkan sebagian orang dapat meningkatkan jumlah kalori dan gula dalam darah.

Padahal gula alami dalam buah memiliki efek menyembuhkan bagi tubuh, mencegah inflamasi dan membersihkan hati. Lebih penting lagi, buah-buahan akan menyeimbangkan hormon yang dapat mencegah kenaikan berat badan.

Untuk menghindari bertambahnya kadar gula, sebaiknya mengkonsumsi buah segar yang belum diolah dalam bentuk kalengan. Jika ingin mengkonsumsi dalam bentuk jus, jangan tambahkan lagi gula pasir ke dalam jus buah.

3. Tidak Cukup Protein

Dalam sebuah penelitian, ketika orang yang menjalankan diet vegetarian menyantap sumber protein nabati lebih banyak daripada karbohidrat, maka kalori total dari ukuran porsi yang sama jauh lebih sedikit. Dampak langsung dari pemilihan bahan makanan ini akan berkontribusi nyata dalam penurunan berat badan.

Sumber protein nabati terbaik diantaranya adalah kacang-kacangan dan produk olahannya. Tapi pastikan produk olahan kacang-kacangan, misalnya tahu, tidak memiliki kandungan pengawet sintetis dan kandungan lain yang berbahaya.

4. Memilih Snack atau Camilan

Sekarang sudah banyak produk snack yang dikhususkan bagi orang-orang yang menjalani diet vegetarian. Pada umumnya snack tersebut berupa batangan protein dalam kemasan yang terdiri dari bahan nabati yang telah mengalami proses pengolahan. Namun snack terbaik dalam diet vegetarian justru berasal dari bahan alami seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dengan mengkonsumsi salad sayur-sayuran dan buah-buahan yang dikenal kaya akan serat sebagai camilan, maka penurunan berat badan akan jauh semakin cepat.

referensi : www.kangenairkesehatan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *