Mengenal Alat – Alat Kesehatan Untuk Pernapasan Di Rumah Sakit

Pernahkah anda berkunjung ke rumah sakit atau klinik ? Kita semua tahu bahwa ada banyak sekali alat – alat medis yang ada di Rumah Sakit. Salahs atunya adalah alat khusus yang digunakan sebagai alat bantu pernapasan. Alat apa saja yang bisa kita golongkan ke dalam alat yang berkaitan dengan pernapasan ? Kita akan simak selengkapnya di pembahasan berikut tentang mengenal alat – alat kesehatna untuk pernapasan.

alat bantu pernapasan

Pernapasan merupakan salah stu sistem yang ada pada manusia dan memiliki fungsi yang sangat penting. Di sinilah peran alat – alat medis di rumah sakit sebagai alat bantu dan menyembuhkan serta mendiagnosa adanya penyakit pernapasan. Berikut alat – alat kesehatan yang dimaksudkan.

1. Tabung Oksigen

Hampir di setiap rumah sakit atau klinik memiliki alat ini. Sebuah tabung yang besar terbuat dari logam ini dugunakan sebagai penyimpan gas oksigen yang nantinya dibutuhkan oleh pasien yang kekurangan oksigen. Tabung oksigen memiliki ukuran – ukuran tertentu seperti 6 kubik atau 2 kubik. Tabung oksigen harus digunakan dengan selang oksigen, masker oksigen dan juga regulator oksigen untuk difungsikan sebagaimana mestinya.

2. Spirometer

Apa itu spirometer ? Mungkin tidak banyak yang mengetahui fungsi alat ini alat ini juga berhubungan dengan pernapasan. Spirometer digunakan untuk mengukur volume udara di dalam paru – paru yang digunakan untuk mengindikasi adanya gangguan pernapasan pada paru – paru atau tidak.  Alat seperti ini biasanya hanya dimiliki oleh rumah sakit atau klinik. Mereka membelinya di toko alat kesehatan yang jual spirometer dengan harga tertentu. Alat ini kemudian digunakan untuk mengetes dan mengindikasi adanya gangguan pernapasan atau fungsi paru – paru.

3. Nebulizer

Hampir sama seperti spiromter, nebulizer juga memiliki fungsi yang secara tidak langsung untuk gangguan pernapasan. Fungsi utama alat ini adalah untuk mengubah obat cair atau padat menjadi uap yang kemudian dihirup oleh penderita ganggauan pernapasan secara langsung dari hidung. Obat akan langsung masuk dan bekerja pada saluran napas, sehingga proses pengobatnan lebih cepat.

Demikianlah bahasan ini, tidak banyak yang bisa kami sampaikan kepada pembaca sekalian, namun mudah – mudahan bermanfaat untuk anda. Sekian, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *