Aplikasi dan Software Manajemen Karyawan untuk Kepentingan Penggajian

Payroll yang berarti “daftar gaji” adalah suatu pekerjaan khususnya bagian HRD untuk mengatur penggajian karyawan atau pegawai perusahaan. Playroll system ini umum digunakan untuk menghitung besar gaji karyawan, ditilik dari hasil kerja tiap individu dan termasuk pula perhitungan pajak penghasilan.

Apabila suatu perusahaan memiliki karyawan yang ratusan bahkan ribuan jumlahnya, tentu menjadi hal yang sangat sulit apabila perhitungan gaji dilakukan secara manual. Sleekr HR salah satu software andalan yang dicintai perusahaan, Software dan aplikasi ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk manajemen karyawan mereka, khususnya seputar masalah penggajian yaitu:

aplikasi dan software manajemen karyawan
aplikasi dan software manajemen karyawan
  1. Aplikasi Perhitungan Pajak
    Pajak Indonesia sendiri banyak jenisnya yang ditujukan untuk subjek pajak berbeda. Salah satunya adalah Pajak Penghasilan Pasal 21 atau biasa disingkat PPh 2, yang merupakan pajak yang harus dibayarkan subjek pajak (masyarakat berpenghasilan), yaitu karyawan, pegawai, dan pekerja. Aplikasi perhitungan pajak sendiri juga dapat digunakan sebagai aplikasi PPh 21. Aplikasi ini sangat membantu memudahkan perhitungan pajak penghasilan setuap bulan atau tahun. Selain untuk perhitungan, dapat pula digunakan untuk membuat suatu Bukti Potong PPh 21/26.
  2. Software HR
    Banyak pekerjaan yang dilakukan Human Resource dalam suatu perusahaan, diantaranya adalah mengurus masalah absensi karyawan, menentukan cuti, menghitung gaji karyawan, termasuk di dalamnya menghitung pajak penghasilan 21, dan juga sebagai pengontrol dalam manajemen karyawan. Seiring pesatnya perkembangan teknologi, seorang HR sudah tidak harus mengurus tugas administrasi karyawan secara manual, karena sudah banyak software hr yang sangat membantu pekerjaan HR. software dapat secara efektif dan efisien menghitung keseluruhan gaji karyawan, BPJS, tunjangan hari raya, dan juga Pajak Penghasilan 21 (PPh 21).

Banyak software HR yang memiliki kelebihan seperti fleksibel, kemudahan dalam penggunaannya, harganya yang terjangkau, dan sebagainya. Namun, apabila karyawan perusahaan banyak maka diperlukan suatu payroll system untuk mempermudah pekerjaan HR, menekan risiko kemungkinan mengalami kerugian, serta meningkatkan mutu aspek dalam manajemen karyawan. Terdapat tiga metode dalam payroll system, yaitu manual, external payroll service, dan payroll software.

Metode manual kemungkinan besar akan memakan waktu lama dalam pengerjaan dan risiko kesalah tinggi. Apabila menggunakan external payroll service atau bantuan pihak ketiga untuk pengolahan data, dikhawatirkan tingkat kesalah masih tetap tinggi dan juga keamanan perusahaan dapat terancam. Oleh sebab itu yang menjadi favorit adalah payroll software atau dapat disebut software HR pula, yaitu pengolahan data menggunakan komputer sehingga risiko kesalahan bisa diperkecil, tidak menghabiskan waktu banyak, serta dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan.

Manajemen karyawan sendiri sesungguhnya dapat diartikan sebagai aspek yang dimiliki pemimpin untuk mengikat karyawan atau bawahannya. Dimana karyawan yang telah terikat oleh perjanjian kontrak kerja dapat dan mampu memberikan tenaganya secara maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan. Apabila aspek yang dimiliki pemimpin adalah gaji yang mencukupi dengan perhitungan dan sistem penggajian yang tepat, tentu hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor pengikat pemimpin perusahaan kepada para karyawannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *