Contoh Surat Keterangan Ahli Waris untuk Bank

Contoh surat keterangan ahli waris untuk Bank –┬áHampir semua orang pasti butuh yang namanya surat keterangan ahli waris, hal ini sangat penting sebagai syarat pembagian harta orang tua kepada anaknya. Biasanya pembuatan surat keterangan ahli waris ini dibuat sesudah almarhum orang tua anda meninggal. Fungsi utama dari surat keterangan ahli waris ini merupakan sebagai keterangan bahwa anda adalah pewaris sah dari almarhum orang tua anda nantinya.

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris untuk Bank
Contoh Surat Keterangan Ahli Waris untuk Bank

Untuk membuat surat keterangan ahli waris ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena harus sesuai dengan prosedur yang ada, terlebih surat kuasa ahli waris ini sifatnya resmi dan terdapat hukum undang undang yang mengatur serta terkait hukum agama islam juga, maka dari itu sangat penting jika anda paham bagaimana sih cara penulisan surat keterangan ahli waris kelurahan.

Sebenarnya untuk contoh surat nya sangatlah mudah dibuat, namun masih banyak orang yang belum tahu, intinya di dalam surat keterangan ahli waris ini merupakan keterangan bahwa anda adalah anak kandung dari almarhum disertai bukti berupa identitas seperti KTP maupun KK. Dan yang terpenting juga harus ada saksi orang lain yang menghadiri pembuatan surat ahli waris tersebut.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat surat keterangan ahli waris dari kelurahan, sebelum menyerahkannya ke kecamatan atau ke pengadilan agama. Karena seperti yang kita tahu, bahwa surat keterangan ini bukan mengatur pembagian harta, melainkan hanya sebagai keterangan bahwa andalah pewaris sah dari almarhum, untuk masalah pembagian harta nantinya diserahkan ke pengadilan agama untuk diputuskan mengenai berapa besar bagian masing masing ahli waris terhadap harta dari almarhum orang tua anda.

Itulah beberapa poin dan penjelasan mengenai surat keterangan ahli waris, untuk contoh surat nya saya rasa mudah sekali kok. Dan jangan lupa untuk berbagi artikel ini agar yang lain pada tahu ya, sekali lagi saya ingatkan, dalam pembuatan dan pengesahan surat keterangan ahli waris, harus ada yang namanya saksi dengan jumlah saksi minimal 2 orang, hal ini merupakan syarat wajib sah sebuah contoh surat keterangan ahli waris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *