Gara-gara Badai Cempaka, Sejumlah Obyek Wisata di Yogya Rusak

www.blogcampur.com – Badai Cempaka yang menempa Yogya sekian waktu lalu buat beberapa object wisata alami rusaknya, serta belum juga siap dikunjungi untuk berlibur akhir th.

Gara-gara Badai Cempaka, Sejumlah Obyek Wisata di Yogya Rusak
Gara-gara Badai Cempaka, Sejumlah Obyek Wisata di Yogya Rusak

Siklon badai cempaka yang menempa DIY menyebabkan banjir serta longsor di beberapa tempat. Banjir serta longsor ini mengakibatkan kerusakan object wisata serta rusaknya infrastruktur yang menuju tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menyebutkan terdapat banyak efek baik pada infrastruktur ataupun tujuan wisata. Tujuan wisata yang rusak ada yang telah normal namun ada yang 100% belum juga dapat dipakai untuk libur akhir th. ini. Terlebih di object wisata air terjun Srigetuk, Gunungkidul, DIY.

” Itu memanglah dermaganya tenggelam, lalu kapal geteknya juga tenggelam tidak berbekas. Sekarang ini memanglah ada kesiapan serta belum juga terjadi kesiapan di desa wisata air terjun Srigetuk, ” kata Aris Riyanta pada diskusi ‘Persiapan Th. Baru Serta Persiapan Tempat-Tempat Wisata’ di DPRD DIY, jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (20/12/2017).

Sesaat di Gedangsari jalur yang menuju object wisata fliying fox banyak terserang longsoran serta sekarang ini masih tetap sistem untuk pembersihan longsoran. Untuk object wisata beda seperti Goa Jomblang, goa Pindul, Goa Tanding, Kalisuci telah siap untuk dikunjungi wisatawan. Sesaat di Kulonprogo, berjalan-jalan yang pernah terserang longsoran sekarang ini telah normal kembali.

Lalu Laguna di Pantai Depok Bantul juga terserang terjangan banjir, namun masih tetap terdapat banyak yang tersisa untuk dapat diperbaiki. Object wisata Goa Selarong di Bantul juga jalan ambles serta sekarang ini telah dikerjakan. Diluar itu juga dirumah Dom yang terlebih dulu terserang banjir sampai 1 mtr. banyak juga alami rusaknya. Namun sekarang ini telah relatif normal.

” Jadi keseluruhannya telah siap tujuan wisata, memanglah ada yang 100% keseluruhan tidak dapat di nikmati, ” kata Aris Riyanta.

Pada th. 2017 ini DIY membidik jumlah kunjungan wisata menjangkau 4 juta. Tujuan ini bertambah dari th. lantas sejumlah 3, 1 juta. Pihaknya mengharapkan tujuan 4 juta terwujud dengan adanya banyak wisatawan yang liburan di DIY pada akhir th. ini. Libur akhir th. ini cukup bagus karna juga berbarengan dengan libur sekolah.

” Sekarang ini telah tampak, wisatawan yang telah mulai berdatanga di Yogyakarta ini, ” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *