Gitar Akustik atau Gitar Listrik

Pemain gitar pemula sering bertanya apakah ada perbedaan antara bermain gitar akustik dan gitar listrik. Jawabannya selalu iya. Jika Anda belajar bermain gitar, Anda dapat menggunakan gitar listrik atau akustik. Akan tetapi, ada perbedaan kecil meski keduanya akan mengarah pada hasil yang serupa.

Perbedaan yang utama antara keduanya adalah nada instrumen dan cara memainkannya. Keduanya bisa cukup fleksibel untuk dapat melakukan style musik apa pun tetapi penekanannya terletak pada nada dan apa yang bisa dimainkan. Gitar listrik dan gitar akustik dapat disesuaikan dalam hal suara. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari kedua jenis gitar tersebut, yang sangat bergantung pada preferensi dan selera pribadi.

Gitar Akustik

Gitar klasik biasanya memiliki neck / stang yang lebih lebar dan lebih tebal. Mereka biasanya memiliki tiga senar baja dan tiga senar nilon dan jarak antara string / senar lebih jauh. Jarak antara string ini membantu saat memetik senar, sedangkan setelan high action memberikan nada yang lebih baik tetapi dapat membuat permainan cepat sedikit lebih sulit. Meskipun neck gitar akustik samar-samar mirip dengan gitar listrik karena lebih tipis dan panjang dari neck gitar klasik, string pada gitar akustik dengan string baja memiliki ketebalan lebih daripada yang digunakan pada gitar listrik. Gitar akustik biasanya sudah dilengkapi dengan built-in pickup untuk tujuan amplifikasi.

Gitar Listrik / Elektrik

Gitar elektrik atau listrik memiliki neck yang lebih panjang daripada gitar akustik, biasanya dengan setelan low action dan sangat bergantung pada elektronik untuk menciptakan suara tertentu. Setelan low action membantu dalam permainan gitar, tetapi karena string hanya punya sedikit ruang untuk bergetar, Anda tidak akan bisa memetik keras. Karena gitar elektrik diamplifikasi, gitaris dapat memanipulasi getaran string untuk memainkan berbagai harmonik dan menciptakan suara yang berbeda.

gitar akustik

Gitar elektrik juga bisa memberikan distorsi pada nada asli; itulah sebabnya mengapa banyak musisi menggunakannya. Penggunaan gitar listrik juga bisa meningkatkan genre musik tertentu, terutama dalam musik rock. Gitar listrik telah menjadi simbol dari genre ini

Memilih Gitar

Gitar yang Anda pilih biasanya tergantung pada jenis musik yang ingin Anda mainkan. Untuk suara Jack Johnson, Anda bisa pilih gitar akustik. Untuk suara Tarrega, belilah gitar klasik. Jika Anda ingin nge-rock, mainkan gitar listrik.

sumber: melodiamusik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *