Ini Dia Cara Agar Anak Anda Aman Berselancar Di Internet

Penggunaan internet tidak lagi dibatasi oleh pengguna dewasa dengan persyaratan terkait pekerjaan. Internet menjadi semakin populer dengan konten hiburan, yang juga dimaksudkan untuk anak-anak.

Sayangnya, meningkatnya popularitas internet di kalangan masyarakat, serta anak-anak, tidak disertai dengan keamanan internet itu sendiri. Berbagai pihak yang tidak bermoral juga mengambil kesempatan untuk membawa konten berbahaya, apakah mengandung tidak pantas atau malware.
Mengingat bahwa anak-anak masih memiliki keamanan terkait keamanan minimal di Internet, inilah yang perlu Anda ingat untuk melindungi mereka dari paparan terhadap kejahatan dan bahaya di internet.

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

1. Gunakan VPN
Untuk mencegah anak-anak dilacak oleh situs jahat dan memastikan alamat IP aman, Anda sangat dianjurkan untuk mendapatkan VPN. Program yang terpasang ke komputer akan menyulitkan semua transfer data melalui internet.

Enkripsi ini juga berarti alamat IP Anda tersembunyi dan peretas tidak akan dapat mengakses perangkat atau anak Anda. Program ini direkomendasikan untuk dipasang di setiap perangkat yang digunakan anak secara teratur, seperti komputer, tablet, dan telepon.

2. Gunakan Mode Terbatas di situs ini
Banyak situs tersedia dengan mod terbatas atau mode anak, yang bertanggung jawab untuk memfilter konten dewasa atau menyinggung. Misalnya, YouTube memiliki mode terbatas, itu tidak akan menampilkan tampilan atau video yang ditandai oleh pengguna sebagai konten yang tidak pantas.

Situs ini akan memperingatkan Anda bahwa mode tidak terbatas tidak 100 persen secara akurat menyaring semua konten yang ingin Anda hindari. Tetapi mod ini akan membantu mencegah mereka melihat konten yang paling tidak pantas.

3. Pasang anti-virus dan anti-malware
Anak-anak sering tidak memperhatikan detail tentang apa yang mereka unduh dari internet. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menginstal perangkat lunak antivirus dan malware, untuk mencegah anak-anak mengunduh file atau konten dengan malware.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk memindai komputer atau komputer lain yang digunakan oleh anak-anak secara berkala. Coba pasang perangkat lunak seperti Malwarebytes yang dapat mengidentifikasi dan mengalihkan trojan, melacak, dan malware lainnya.

4. Berikan akun dengan akses terbatas kepada anak-anak
Pada banyak sistem, Anda dapat membuat akun terpisah untuk anak-anak dengan akses dan izin terbatas. Ini berarti anak masih dapat menggunakan program yang diinstal pada perangkat, tetapi tidak dapat menginstal program baru atau mengubah pengaturan penting.

Selain sistem windows, kemampuan ini juga tersedia di ponsel sistem operasi Android dan iOS. Ini akan sangat berguna untuk anak-anak yang sering menggunakan perangkat ini untuk mengakses aplikasi dan game.

5. Ajarkan anak-anak tentang media sosial
Perkembangan media sosial saat ini sangat cepat, dan sering digunakan untuk kegiatan positif, tetapi juga negatif. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengajari anak Anda cara menggunakan media sosial.

Pastikan anak Anda memahami apa yang dapat diunggah hanya ke teman, dan hal-hal yang dapat diunggah ke publik. Ingatkan anak bahwa unggahan publik dapat menyebabkan masalah, dan jangan berikan informasi identifikasi pribadi seperti nama lengkap, alamat rumah atau rekening bank mereka, dan cara berinteraksi dengan teman online mereka sesuai dengan usia mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *