Keindahan Batik Mendunia

Indonesia memiliki banyak budaya unik dan indah yang tidak dapat Anda temukan di negara lain di dunia ini. Karena itu, ada baiknya jika Anda memilih negara ini sebagai tujuan liburan Anda. Salah satu hal yang paling unik dan indah yang bisa Anda dapatkan dari grosir batik jogja Indonesia adalah Batik. Batik adalah metode tradisional untuk menggambar dan melukis pada kain. Ada banyak jenis pola yang bisa Anda temukan dan semuanya indah. Tapi, jika ingin membeli Batik dari Indonesia, Anda harus memilih tempat yang tepat untuk dikunjungi. Yogyakarta dan Solo dikenal sebagai sentra industri batik. Tapi yang paling penting disini adalah memilih batik yang sebenarnya. Hal ini mudah dilakukan. Lihat saja melalui cahaya. Jika pola sisi depan dan belakang cocok sekali, bisa kita katakan bahwa itu adalah batik tulis buatan tangan, yang memiliki nilai lebih tinggi dan sangat berharga. produsen baju batik di jogja

Namun, Batik bukan hanya seni tradisional dari Indonesia. Batik juga memiliki filosofi dan nilai yang lebih dalam di dalamnya. Dahulu kala, Batik biasa menunjukkan status sosial Anda. Ada pola Batik khusus yang hanya bisa dipakai oleh keluarga kerajaan saat itu. Padahal, Batik biasa dijadikan kain yang khusus dibuat untuk keluarga bangsawan. Dan saat disebarkan, dan masyarakat umum juga bisa memakainya, masih ada cara untuk membedakan status sosial dengan pola khusus. Tapi, hari ini, batik telah menjadi kain biasa yang kebanyakan orang kenakan. Namun, ada beberapa aturan unik yang kebanyakan dibuat Batik untuk menciptakan produk mereka.

Masih menggunakan konsep Batik zaman dulu yang khusus dibuat untuk keluarga bangsawan. Misalnya pola Batik Parang Kusumo yang dulunya merupakan pola khusus untuk keluarga bangsawan, meski kita juga bisa memakai pola ini, ada perbedaan besar antara pola parang kusumo yang bisa kita pakai dan pola keluarga kerajaan. Parang Kusumo yang hanya bisa dipakai oleh keluarga kerajaan adalah pola yang memiliki ukuran lebih dari 15 cm. Kami, masyarakat umum, tidak bisa memakai ukuran itu dan Anda tidak akan menemukannya di toko di Indonesia.

batik indonesia

Ada Parang Kusumo untuk orang awam, tapi ukurannya lebih kecil dari 15 cm. Hal lain tentang Batik adalah pola yang bisa Anda temukan di sebagian besar Batik menggambarkan kehidupan nyata masyarakat Indonesia sejak lama. Ini menunjukkan keragaman, persahabatan, kehidupan sosial, hubungan dengan komunitas, keluarga dan banyak aspek kehidupan lainnya. Batik tulisan tangan yang membutuhkan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, ada Batik yang butuh 6 tahun untuk menyelesaikannya, juga menunjukkan bahwa dalam kehidupan kita, kita harus sabar dan tentukan dalam melakukan sesuatu. Pada dasarnya, dalam satu potong kain batik, ada banyak dan makna lebih dalam yang bisa kita temukan.

Karena itu, jika Anda mengunjungi Indonesia dan membeli Batik, Anda tidak akan mendapatkan hanya seni asli dan kain dari Indonesia. Anda akan mendapatkan secarik kain yang memiliki nilai sangat tinggi, baik dalam aspek estetika maupun filosofi kehidupannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *