Kursus Online Vs Nyata? Mana yang Lebih Baik?

Memilih untuk mengikuti kegiatan kursus online atau mengikuti kursus dengan cara bertatap muka adalah keputusan yang cukup sulit untuk sebagian besar orang. Tak heran bila banyak pemula kerap bertanya-tanya tentang bagaimanakah belajar yang paling baik itu? Apakah bisa dilakukan secara online ataukah bisa dialkukan secara offline. Dari sinilah banyak sekali perdebatan tentang pemilihan metode pembelajaran yang baik. Sejumlah orang mengetakan bahwa belajar dengan cara bertatap muka dengan guru yang ada di kelas itu lebih baik dari pada yang lain. Namun, dengan semakin kemajuan zaman, hal ini membuat belajarpun kini tak harus dilakukan di dalam kelas.

Dengan kemunculan media sosial dan juga jejaring sosial inilah menjadikan banyak orang mulai mempertimbangkan untuk belajar di dalam kelas. Banyak kursus online mulai berkembang saat ini. Sehingga, semua siswa tidak diharuskan untuk datang mengambil kelas. Mereka masih bisa belajar meskipun sedang berada di dalam rumah. Sejumlah orangpun mulai mempertimbangkan untuk menghapus pelajaran konstan di antara guru dengan siswa. Hal ini dikarenakan metoge otodidak dan tutorial buatan guru pun kini juga sudah ada. Karena itulah, bila Anda ingin mencoba mengikuti kursus online ini, sebaiknya pertimbangkan saja waktu luang Anda dan jadwal rutin harian Anda.  Karena bila Anda tidak memiliki waktu luang yang banyak, maka menambah kelas online ataupun bertatap muka adalah hal yang mustahil sekali.

Nah, dari sinilah jika ditanyakan tentang manakah yang terbaik di antara kursus online dengan kursus yang dimainkan secara offline, maka sudah pasti jawabnya adalah semuanya bergantung pada masing-masing pihak. Bila Anda bisa memanfaatkan kursus yang Anda ikuti dengan baik, maka hal tersebut akan memberikan nilai lebih untuk Anda. Jadi, meskipun Anda membayar kursus tersebut dengan harga yang sangat mahal, tetap saja hal ini tidak akan berarti bila Anda sendiri tidak ada kemauan untuk belajar. Jadi, baik dan buruknya kursus itu kembali kepada Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *