Mengenal Macam Usaha Catering

Mengenal Macam Usaha Catering

Seiring dengan perkembangan bisnis catering setiap tahunnya, maka potensi penghasilan dibidang ini cukup menjanjikan bagi setiap orang yang memiliki usaha dibidang kuliner. Berkembangnya bisnis catering kuliner ini dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup orang yang tinggal di daerah perkotaan, yang menginginkan semuanya serba praktis dan mudah, sehingga akan menjadi pelanggan baru pada jasa catering.

Saat ini perkembangan bisnis catering jogja juga dapat terlihat dari peningkatan jumlah pengusaha kuliner yang menyediakan jasa catering dan penambahan variasi menu yang ditawarkan . Saat ini juga ada yang menyediakan fasilitas untuk acara dengan beragam menunya yang sudah satu paket.  Yang pada awal mulanya hanya menyajikan catering untuk pesta ulang tahun atau pesta pernikahan saja, saat ini telah berkembang menjadi lebih luas, yaitu catering untuk rumah sakit maupun catering untuk kantor.

Dengan berkembangnya jumlah pengusaha catering, maka persaingan dalam bisnis ini akan sangat ketat dan saling berinovasi demi mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Maka kualitas catering yang disajikan harus ditingkatkan seperti kualitas rasa dan pelayanannya, berusaha keras untuk menciptakan kreasi tersendiri untuk mendapatkan ciri khas dari bisnis cateringnya tersebut.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis catering yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda,

1.Catering Pesta

Jenis catering inilah yang mempelopori awal mulanya catering berkembang. Catering ini melayani orderan makanan untuk pesta tertentu seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun perusahaan atau pribadi, pesta wisuda dan lainnya. Catering untuk pesta biasanya menunya bervariasi yang dihidangkan dalam jumlah yang besar baik secara prasmanan, piring besar atau menggunakan buffet.

2. Katering Rantangan

Jenis catering yang satu ini biasanya melayani penyajian aneka masakan menggunakan kemasan rantang. Menu yang ditawarkan lebih ditujukan untuk rumah tangga atau karyawan kantor dengan waktu yang sibuk yang membutuhkan sarapan siang tetapi tidak sempat untuk membuatnya. Menu yang dibuatnya pun berbeda-beda setiap harinya, biasanya sudah direncanakan daftar menu untuk satu bulannya.

3. Catering Perusahaan Atau Kantor

Sesuai dengan judulnya, jasa catering ini lebih diutamakan untuk menyediakan makanan untuk perusahaan atau pabrik yang memiliki karyawan banyak dan waktu kerja yang dibagi menjadi beberapa shift kerja. Biasanya jasa catering ini pelayanannya menggunakan rantang atau prasmanan.

4. Catering Transportasi

Jenis catering ini dikhususkan untuk melayani pesanan dari perusahaan transportasi seperti pesawat, kereta api, kapal laut dan bus antar kota dan provinsi. Biasanya catering ini disajikan dalam bentuk kemasan kotak beserta dengan minumnya. Makanannya umumnya berupa nasi dan lauknya, dan buah atau kue sebagai pelengkapnya. Tetapi ada juga yang menyediakannya dalam bentuk prasmanan.

5. Catering Rumah Sakit

Jasa catering khusus ini ditujukan untuk menyediakan makanan untuk pasien di rumah sakit. Catering ini menunya berbeda dengan jenis catering pada biasanya, dan disediakan sesuai dengan jenis penyakit pasien. Dan dalam pembuatan catering ini juga biasanya diawasi sangat ketat oleh ahli gizi dari rumah sakit tersebut, untuk dijaga kualitas dan gizi dari makanan yang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *