Seleksi Masuk STPI Curug tahun 2016

Pada tahun 2016, sekolah tinggi penerbangan Indonesia (STPI) Curug kembali membuka pendaftaran untuk pemuda pemudi Indonesia yang ingin melanjutkan sekolah atau berkarir di dunia penerbangan. Pendaftaran STPI Curug 2016 dibuka melalui 2 jalur, yaitu jalur swadana dan jalur sipencatar. Jalur swadana adalah jalur penerimaan taruna baru di sekolah penerbangan STPI Curug dimana biaya kuliah ditanggung sepenuhnya kepada Taruna yang bersangkutan. Persyaratan pendaftaran dan proses seleksinya sama dengan jalur sipencatar.

9 Prodi Dibuka Lewat Jalur Sipencatar 2016

STPI Curug menerima taruna baru melalui jalur sipencatar tahun 2016. Sebanyak 9 prodi dibuka untuk pendaftaran tahun ajaran 2016/2017. Kesembilan prodi itu adalah teknik pesawat udara (D-IV), teknik telekomunikasi dan navigasi udara (D-IV), teknik listrik bandara (D-IV), pemandu lalu lintas udara (D-IV), teknik bangunan dan landasan (D-III), teknik mekanik bandara (D-III), penerangan aeronautika (D-III), pertolongan kecelakaan penerbangan (D-III), dan Operasi Bandar Udara (D-III). Tidak semua lulusan SMA atau SMK bisa mendaftar pada kesembilan prodi yang ditawarkan. Hanya lulusan SMA jurusan IPA saja yang bisa mendaftar untuk masuk sekolah penerbangan. Sementara untuk lulusan SMK, jurusan yang dibutuhkan adalah lulusan SMK jurusan teknik listrik, teknik mesin, teknik otomotif, teknik elektronika, komputer/informatika, penerbangan dan penerangan. Prodi yang paling banyak diminati adalah teknik pesawat udara. Hal ini dikarenakan banyaknya lulusan prodi teknik pesawat udara yang terserap di beberapa perusahaan besar, seperti GMF Aeroasia.

Sementara untuk jalur swadana, sebanyak 54 orang dinyatakan lulus seleksi pada program pendaftaran STPI Curug angkatan pertama di tahun 2016. Proses seleksi jalur swadana pendaftaran STPI Curug 2016/2017 dilalui dengan beberapa tahapan, yaitu pendaftaran, tes potensi akademik (TPA), psikotes, tes kesehatan, tes kesempatan dan wawancara. Seluruh tes diadakan di Kampus STPI Curug Tangerang, Banten. Program studi yang paling banyak menerima calon taruna adalah program studi pemandu lalu lintas udara (PLLU). PLLU menerima 34 calon taruna, kemudian Operasional bandar udara (10 calon taruna), prodi teknik bangunan dan landasan (5 calon taruna), teknik manajemen bandara (4 calon taruna) dan prodi pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (1 calon taruna).

Sayangnya pada tahun 2016 pendaftaran STPI Curug memang tidak membuka prodi penerbang. Saat itu STPI Curug sedang fokus pada percepatan proses diklat para taruna penerbang tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *