Software Absensi Online untuk Pengelolaan SDM Perusahaan

Semakin berkembangnya teknologi informasi di dunia membuat semua bidang mendapatkan sentuhan kemajuan teknologi informasi termasuk bidang pengelolaan SDM perusahaan. Salah satu hasil perkembangan teknologi tersebut adalah mulai banyak digunakannya software absensi online. Software tersebut bermanfaat untuk mempermudah pengelolaan SDM perusahaan, karena seluruh data dapat dikumpulkan dan diolah dengan cepat dan tepat dibandingkan dengan pengelolaan secara manual. Kecepatan dan ketepatan pengolahan data ini pun diiringi dengan banyaknya fitur tambahan, membuat software ini semakin diminati oleh berbagai perusahaan.

Fitur-fitur yang Wajib Dimiliki Software Absensi Online

Selain pengelolaan data yang cepat dan akurat, fitur adalah hal yang menjadi daya tarik dari software absensi online yang membuat pengelola SDM beralih dari cara menual menjadi menggunakan software. Fitur-fitur tersebut memudahkan hal-hal yang biasanya dilakukan secara manual, seperti penghitungan gaji, penghitungan upah lembur, dan lain-lain. Kelebihan yang lainnya adalah dengan menggunakan software, input data dapat terintegrasi dengan input absen bahkan secara real time, sehingga hasil pengolahan data pun bisa real time.

1 ) Laporan Kehadiran

Fitur ini wajib hadir pada sebuah software absensi online karena fitur ini adalah hal yang paling mendasar untuk karyawan. Karyawan dapat mengetahui rekaman kehadirannya, termasuk di dalamnya jam lembur, izin, hingga hari libur. Fitur ini bermanfaat supaya karyawan dapat mengetahui performa kerjanya berdasarkan dari catatan rekap kehadiran.

2 ) Slip Gaji Digital

Slip gaji digital diperoleh dari software dengan merekap kehadiran serta komponen-komponen gaji lainnya. Saat ini pengiriman gaji sudah menggunakan transfer bank, sehingga sebaiknya slip gaji pun dalam bentuk digital. Slip gaji digital meningkatkan budaya paperless di perusahaan, serta rincian gaji tersebut lebih cepat sampai serta lebih jelas uraiannya untuk karyawan.

3 ) Terintegrasi dengan Mesin Absensi

Integrasi dengan mesin absen akan membuat rekap kehadiran karyawan akan lebih cepat dikelola dan bisa juga bersifat real time. Dengan data absensi yang lebih cepat direkap akan membantu hal-hal lain yang juga berhubungan dengan karyawan. Mesin absensi saat ini juga banyak yang sudah mendukung jaringan internet untuk transfer data.

4 ) Multi Company

Sofware absensi online yang baik hendaknya bersifat efisien dalam semua hal. Salah satu bentuk efisiensi adalah menggunakan satu software untuk banyak perusahaan. Fitur ini cocok untuk Anda yang mengelola banyak perusahaan, ]cukup dengan mengganti profil perusahaan saja tanpa berpindah software.

5 ) Permintaan Lembur, Pinjaman, Reimbursement

Dengan fitur ini, karyawan dapat dengan mudah mengajukan pinjaman, lembur, ataupun reimbursement hanya dengan satu pintu dan dengan sistem online. Manfaat dari fitur ini adalah request tersebut bisa dapat dengan segera dibaca oleh pihak HRD misalnya. Dengan cepatnya permintaan direspon, maka izin pun akan cepat dikeluarkan, sehingga mengoptimalkan kinerja perusahaan dengan baik.

6 ) Multiple Payrates

Fitur ini memungkinkan penghitungan gaji dengan rate gaji yang berbeda akan lebih mudah. Misalkan seorang karyawan bekerja di bagian A dan bagian B yang berbeda rate gajinya, dengan memanfaatkan input absen dan software ini, maka gaji dapat dihitung dengan mudah.

Berikut adalah uraian tentang fitur-fitur apa saja yang wajib hadir pada software absensi yang bersifat online. Pembahasan tersebut diambil dari salah satu software absensi online asli Indonesia yaitu PayrollBozz. Semoga uraian berikut dapat menjadi referensi dalam memilih software payroll untuk pengelolaan absensi di perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *