Tips Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Vb

Bahasa pemrograman VB merupakan singkatan dari visual basic milik microsoft, dimana ini merupakan bahasa yang menawarkan integrated development enviroment atau IDE. Biasanya digunakan untuk pembuatan program perangkat lunak yang berbasis pada sistem operasi microsoft windows, dengan model pemrograman COM yang digunakan. Bahasa visual basic ini merupakan turunan dari bahasa basic, yang mana menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer dengan basis grafik yang cepat.

Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications atau VBA dan Visual Basic Scripting Edition atau VBScript, sangat mirip dengan Visual Basic namun memiliki cara kerja yang berbeda.

Programer bisa membangun aplikasi dengan memanfaatkan komponen-komponen yang disediakan oleh microsoft VB, selain itu program yang ditulis dengan VB bisa digunakan dengan windows API. Namun, untuk menjalankannya anda perlu deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam bahasa VB dalam hal bisnis, VB ini memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Dimana telah dilakukan survey pada tahun 2005, dan menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak menggunakan berbagai bentuk VB. Dengan diikuti bahasa lain seperti C++, Javascript, C#, dan juga Java.

Pada tahun 1991 dikenalkanlah VB versi 1.0 sebagai konsep pemrograman dengan metode drag and drop, dengan tujuan untuk membuat tampilan aplikasi seperti prototype generator form yang dikembangkan alan cooper dan perusahaannya. Kemudian microsoft mengajak alan cooper besrta perusahaannya ini untuk mengembangkan tripod menjadi sebuah sistem form, yang mana sistem tersebut dapat diprogram untuk windows 3.0 di bawah kode ruby.

Visual basic merupakan bahasa yang mendukung pemrograman yang berorientasi pada objek, namun tidak mendukung secara penuh. Hal ini disebabkan karena beberapa karakteristik tidak dapat dioperasikan menggunakan visual basic, contohnya inheritance yang tidak dapat dioprasikan pada class module, polymorhism yang hanya bisa dilakukan dengan mendeklarasi class modul namun terbatas, dan visual basic ini tidak bersifat case sensitif.

Dengan mengetahui penjelasan bahasa pemrograman diatas, tentunya anda sudah tahu apa itu visual basic milik microsoft. Memang terdapat banyak sekali program yang bisa membantu kita dalam pembuatan setup installer, namun dalam visual basic juga tersedia tool untuk pembuatan setup installer yang bernama package & deployment wizard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *