Sepeda Listrik dan Electric Scooter

Ketika mengacu pada kendaraan listrik, yang terbesit di benak Anda biasanya sepeda listrik dan skuter listrik. Memang benar, dua jenis kendaraan listrik ini populer di kalangan masyarakat saat ini karena kendaraan listrik tersebut memiliki banyak kelebihan, seperti ramah lingkungan, hemat biaya, aman dan banyak lagi. Namun, beberapa orang mungkin ragu-ragu ketika mereka harus memilih di antara keduanya. Dalam artikel ini saya akan menunjukkan beberapa pro dan kontra yang dapat membantu Anda mengambil keputusan.

Sepeda Listrik

Sepeda listrik, juga dikenal sebagai e-bike atau sepeda elektrik, didasarkan pada desain sepeda tradisional dan didukung oleh baterai dan motor/dinamo yang dapat diisi ulang. Sepeda listrik diklasifikasikan sebagai sepeda daripada kendaraan bermotor di banyak bagian kata, sehingga Anda dapat menggunakan jalur sepeda ketika Anda mengendarainya.

sepeda listrik

Pro dan kontra

Sepeda listrik adalah kendaraan ramah lingkungan karena sumber tenaganya berasal dari baterai, bukan bensin. Bensin menyebabkan polusi lingkungan yang serius dan harga per liternya pun mahal saat ini, tetapi baterai dapat diisi ulang dan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Namun, motor dengan bensin full bisa menempuh jarak lebih jauh ketimbang baterai yang terisi penuh. Jadi baterai harus sering diisi ulang dan ini bisa membuang-buang waktu Anda. Selain itu, baterai secara bertahap akan menjadi tua dan tidak dapat digunakan lagi. Pada saat itu, kita harus membeli baterai baru dan membuang yang lama.

Sepeda listrik mudah digunakan dan mudah diperbaiki. Sepeda listrik mirip sepeda biasa, jadi Anda bisa mengendarainya dengan sangat mudah. Apalagi jika sepeda listrik rusak, Anda cukup mengirimkannya ke toko sepeda karena banyak suku cadang yang tersedia dan biayanya tidak mahal. Namun, karena sepeda listrik memiliki baterai, sepeda jenis ini akan lebih berat untuk dibawa atau dinaiki sewaktu baterainya habis.

Skuter Listrik

Skuter listrik terlihat seperti skuter dengan bahan bakar minyak. Meskipun sepeda listrik dan skuter listrik didukung oleh baterai, mereka berbeda.

Pro dan kontra

Skuter listrik selalu memiliki sistem alarm dan kunci kemudi, sehingga electric scooter tidak mudah dicuri. Selain itu, electric scooter biasanya memiliki keranjang di mana Anda dapat menaruh barang-barang Anda. Tapi skuter listrik jauh lebih berat daripada sepeda listrik, jadi akan jauh lebih merepotkan sewaktu baterainya habis di tengah jalan.

Skuter listrik biasanya lebih cepat dari sepeda listrik. Kecepatan electric scooter lebih tinggi daripada sepeda listrik, dan di beberapa negara Anda memerlukan SIM untuk mengendarainya.

Dari poin-poin di atas kita dapat melihat bahwa membeli sepeda listrik lebih baik ketimbang membeli skuter listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *